Gagal SBMPTN Bukanlah Akhir Dari Segalanya

Gagal sbmptn itu adalah mimpi terburuk. Mimpi yang selama ini ku pupuk agar bersemi. Yang kuharap mimpiku dapat berbuah kata "SELAMAT" namun lain hasilnya.

Waktu itu jam 14.00 cerita dimulai. Derai pinta dan harap menggebu-gebu dalam hati. Akankah aku menjadi bagian dari 15% itu? Atau aku harus terbuang seperti sampah yang tak berguna?


Aku masih ingat kalimatnya. Sederhana dan menenangkan. Namun cukup membuat siapa saja yang membaca tertunduk hilang harap. Kalimat itu seakan berusaha menghibur jiwa yang tersisihkan keadaan.

Pukul 14.30 : "The falling leaf
doesn’t hate the wind"

Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Aku daun?
Bukan, aku bukan daun.
Aku hanya seperti daun itu.

Ini beda cerita dengan semua mimpi yang kutulis. Aku seperti daun yang jatuh. Daun yang jatuh pun berharap jatuh ditempat yang bersih. Walau nyatanya daun tersebut tak bisa memilih.


Always do your best. What you plant now, you will harvest later.


Mungkin teguran belajar yang setengah setengah...

Apa belajarku setengah setengah? Aku sudah beli buku wang*it yang katanya ampuh itu. Aku beli dari uang hasil tabungan sendiri. Aku belajar sampai larut malam. Lalu apa?

Mungkin ibadah kurang...

Aku tidak bisa menilai diri sendiri, aku sudah berusaha serajin mungkin bersembahyang. Apa aku rajin ibadah kalau ada maunya saja?
Lalu apa?

Mungkin Factor X...

Aku tidak percaya hoki dan keberuntungan. Setiap usaha keras akan menghasilkan hasil yang sesuai. Selalu saja ada yang berkata mungkin tidak beruntung. Lalu apa?

Ternyata aku itu tidak pintar. Itu jawabannya. Dan aku sangat yakin. IQ-ku rendah, berpikirku lama, dan apa lagi entahlah.


Now, You have to learn the rules of the game. And then you have to play better than anyone else.


I cann't do it :'(

Cann't...
Kata kata motivasi itu tidak ada yang mempan. Aku tetap saja merasa gagal.

Akhir dan yang terakhir...

Untuk kawanku yang telah menemani perjuangan ini, terimakasih. Takdir kita tidak berada disana kawan. Tapi aku yakin jika aku tidak bisa kuliah semua akan tetap baik baik saja.

Aku sadar aku gagal, tapi kehidupan harus tetap berlanjut.

SEE U ON TOP, Bro!!!

Kalau Kamu punya pertanyaan seputar dunia perkuliahan, silakan ajukan pertanyaan di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu. Komentar Kamu akan muncul setelah disetujui.

Click to comment