Cara Mengajukan Banding (Penangguhan) UKT UNNES


Tidak semua mahasiswa memiliki kondisi ekonomi yang sama, tapi mengapa yang miskin mendapat UKT selangit?

Begitulah ringkas curahan hati dari seorang teman yang mengeluh akan UKT yang diluar nalar. Iya dia kuliah di UNNES kota Semarang. Banyak yang bilang kalau kuliah di UNNES itu sangatlah murah, namun tak sedikit yang beralibi kalau jangan kuliah di UNNES kalau tak punya uang untuk bayar UKT.

Entahlah, nampaknya hal ini sudah menjadi rahasia umum yang tak perlu disembunyikan lagi. Yang miskin semakin miskin, begitu sebaliknya. UKT di UNNES untuk jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri sangatlah diluar nalar. Bisa dibayangkan orangtua dengan pendapatan 1 juta perbulan dengan kerja yang tak tentu harus membiayai anaknya kuliah dengan UKT 5,5 juta. Belum lagi untuk urusan makan dan kebutuhan lainnya mau pakai apa.

Saya ikut berempati akan hal yang dialami oleh teman seperjuangan akan dengan problematika yang ia dapat. Namun setelah kesulitan saya yakin pasti akan ada kemudahan. Yakinilah bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan.

Biasanya jika seorang mahasiswa merasa mendapat UKT yang mahal bisa melakukan penangguhan. Kalau di UNNES, penangguhan atau banding tidak bisa di lakukan di awal semester saat masih berstatus mahasiswa baru. Banding UKT di UNNES hanya bisa dilakukan pada semester genap 2.

Syarat pengajuan banding UKT :

1. Mahasiswa yang sedang duduk di semester dua dan seterusnya dapat mengajukan banding/penangguhan UKT sepanjang terjadi perubahan data pokok yang dapat mempengaruhi klasifikasi kemampuan ekonomi orangtua/wali mahasiswa.

2. Mahasiswa yang ingin melakukan banding ukt membuat surat permohonan banding yang ditandatangani oleh mahasiswa pemohon dan orangtua/wali pemohon.

3. Permohonan banding/penangguhan UKT selanjutnya diajukan pada wakil Dekan 2 (Bidang Administrasi Umum).

4. Bagi pemohon banding/penangguhan UKT harus melengkapi berkas sebagai berikut :
  • Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  • Fotocopy KTP Orangtua/wali
  • Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  • Fotocopy slip gaji/surat penghasilan Orangtua/wali
  • Fotocopy rekening listrik (untuk jaga-jaga bawa saja bukti pembayaran rekening listrik 3 bulan terakhir)
  • Fotocopy bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi Bangunan)

5. Untuk Permohonan pengajuan banding yang memenuhi syarat dan sudah melengkapi berkas akan segera disurvei oleh petugas.

6. Setelah selesai survei dan permohonan banding disetujui tidak lantas langsung diberlakukan, keputusan banding UKT akan mulai berlaku pada semester gasal.

Begitulah sekiranya singkat proses bagi yang akan melakukan banding/penangguhan UKT di Universitas Negeri Semarang. Semoga bermanfaat!!!

Kalau Kamu punya pertanyaan seputar dunia perkuliahan, silakan ajukan pertanyaan di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu. Komentar Kamu akan muncul setelah disetujui.

Click to comment