Bagaimana Cara Pembayaran UKT UNNES Bagi Camaba?


Cara bayar UKT di UNNES bagi calon mahasiswa baru
gimana kok aku bayar di Bank BRI sama Bank MANDIRI nggak bisa? Tolong infonya dong kak?

Berhubung banyak pertanyaan tersebut yang akhir-akhir ini nongol di PM maka saya memutuskan akan menjawabnya melalui artikel ini. Sebenarnya kalau kita tahu bayar UKT UNNES itu gampang banget kok. Kalian ngga perlu repot-repot ini itu buat ngurus berkas segala macem.

Bagi yang tidak bisa membayar melalui bank Mandiri dan bank BRI coba deh pake alternatif lainnya. Banyak alasan yang membuat demikian, namun saya ngga tau pasti apa penyebabnya. Entah adanya kebijakan baru atau apa.

Pembayaran UKT dilakukan sejak mulai tahun akademik baru. Pembayaran UKT di UNNES dapat dilakukan melalui Bank BTN, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Urutan tata cara pembayaran UKT UNNES yang benar :

1. Pastikan sudah memiliki NIM (Nomor Induk Mahasiswa). Jika tidak tahu bisa melihat di kartu tanda mahasiswa dan atau bisa juga login ke data pokok Unnes untuk melihatnya. Karena yang paling penting digunakan dalam pembayaran UKT adalah NIM. NIM digunakan sebagai nomor kode pembayaran.

2. Bagi calon mahasiswa baru, pembayaran dapat dilakukan dengan cara membayar langsung melalui teller Bank yang sudah ditunjuk dengan menunjukkan Kartu Peserta SNMPTN atau SBMPTN atau Ujian Mandiri berdasarkan jalur masuk.

Bagi yang sudah resmi menjadi mahasiswa, proses pembayaran sama seperti langkah diatas, namun bedanya hanya menggunakan NIM sebagai kode tagihan pembayaran UKT. Setelah itu jangan lupa simpan bukti pembayaran.

Jadwal untuk membayar UKT sudah di tetapkan sesuai dengan Kalender Akademik UNNES, dengan asusmsi bahwa semua mahasiswa telah mengetahui dan sudah mempersiapkan diri melaksanakan registrasi administrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan bagi calon mahasiswa baru UNNES.

Setiap calon mahasiswa baru wajib membayar biaya pendidikan kuliah yang disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan dengan nominal yang sama untuk setiap semesternya. Nominal UKT tersebut tentunya sesuai dengan daftar golongan UKT yang telah ditetapkan oleh UNNES.

Bagaimana jika calon mahasiswa baru merasa bahwa UKT yang ditetapkan untuk dirinya terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi pada keluarganya?

Tenang, dalam kasus ini setiap mahasiswa yang merasa mendapat UKT yang mahal bisa melakukan banding ukt UNNES untuk meminta penurunan beban biaya yang harus dibayarkan tiap semester.

Banyak yang bilang kalau UKT di UNNES itu mahal dan mencekik bagi mereka yang berkehidupan menengah kebawah. Tapi kalau diamati mungkin ada benarnya juga karena dari info yang saya dapat rata-rata mereka yang masuk melalu jalur SNMPTN dan SBMPTN mendapat UKT 5 juta keatas. Sebuah angka yang lumayan menguras kantung.

Tapi hal seperti ini tak hanya terjadi di satu universitas saja. Banyak mereka yang kuliah di universitas lain yang merasa mendapatkan UKT yang mahal. Alhasil mereka pun melakukan cara yang sama yaitu dengan cara banding UKT.
Misalnya saja saya ada beberapa teman yang kuliah di universitas ternama di Indonesia yang ada di UNDIP, UNAIR, UB, UNS, UGM, dan UNILA. Jadi tak perlu risau dengan UKT yang tinggi karena sudah ada prosedur yang bisa ditempuh untuk banding.

Kalau Kamu punya pertanyaan seputar dunia perkuliahan, silakan ajukan pertanyaan di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu. Komentar Kamu akan muncul setelah disetujui.

Click to comment